Senin, 17 Januari 2011

judul skripsi

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG TUBERKULOSIS PARU DENGAN KETERATURAN MINUM OAT PADA PENDERITA TUBERKULOSIS PARU DI PUSKESMAS PRACIMANTORO I TAHUN 2008
3 Mei 2009

AGUS SUKRISNO

ABSTRAK


Latar Belakang : Tuberkulosis paru (TB paru) adalah jenis penyakit kronis yang masih menjadi masalah kesehatan dunia. Di Indonesia sendiri terjadi peningkatan kasus dari tahun ke tahun. Pengetahuan penderita tentang penyakit TBC sangat penting karena akan berpengaruh terhadap keteraturan minum OAT.

Tujuan Penelitian : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan tentang tuberkulosis dengan keteraturan minum OAT pada penderita tuberkulosis di Puskesmas Pracimantoro I

Metode Penelitian : Jenis penelitian ini adalah cross sectional. Pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling, dimana responden dalam penelitian ini sebanyak 30 orang. Instrumen penelitian adalah kuesioner pengetahuan penderita tentang TBC yang berjumlah 14 butir pertanyaan dan kuesioner keteraturan minum OAT dengan 10 butir pertanyaan. Kemudian analisis yang digunakan dengan menggunakan korelasi Pearson Product Moment dengan menggunakan komputasi SPSS 11.0 for windows.

Hasil Penelitian : Hasil pengukuran pengetahuan penderita tentang penyakit TBC tinggi sebanyak 18 responden (60%) dan penderita yang memiliki pengetahuan rendah sebanyak 5 responden (16,67%). Keteraturan minum obat juga terlihat baik yaitu sebanyak 25 orang (83,33%) teratur minum obat dan tidak teratur sebanyak 5 responden (16,67%). Ada hubungan yang sangat kuat dan bermakna antara pengetahuan penderita tentang penyakit TBC dan keteraturan minum obat, diketahui hasil p value 0,000 < 0,05 dan nilai korelasi ( r ) = 0,842.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar